Home / Resep Kue / Resep Wajik Ketan Pandan Hijau dan Cara Membuatnya

Resep Wajik Ketan Pandan Hijau dan Cara Membuatnya

Resep Wajik Ketan Pandan Yang Enak dan Legit Serta Cara Membuat Wajik Hijau Gula Merah. Pada umumnya kue wajik sering dijadikan sajian hidangan untuk acara-acara tertentu seperti hajatan, mantenan, dan paling sering kalau orang jawa itu dibuat khusus untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Secara tradisi menurut mereka hal ini adalah “Ater-ater, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesianya saling berbagi makanan. Kalau di Jawa cemilan berbahan dasar ketan ini disebut juga wajik klethik gula jawa. Disebut demikian karena memang menggunakan gula jawa sebagai bahan campurannya dan berwarna coklat. Tetapi kali ini kita akan membuat resep wajik ketan yang berwarna hijau daun. Warna hijau ini alami lho, karenan memang cara membuat wajik ini tidak menggunakan gula merah dan menggunakan pandan sebagai pewarna alami.

Selain mempunyai bentuk yang unik, kue inipun namanya sesuai dengan bentuknya yang wajik. Mempunyai cita-rasa yang khas manis alami dan legit, membuat kue wajik Bandung ini lain daripada yang lain. Saat ini kue tradisional yang terbuat dari beras ketan putih ini memang tidak selalu berbentuk seperti wajik. Ada yang kotak, persegi panjang ataupun bentuk lainnya tergantung selera masing-masing. Tetapi walaupun sekarang bentuknya sudah banyak yang berubah, cara membuat wajik ketan ini masih sama dengan yang dahulu. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep wajik ketan dengan pandan dan berwarna hijau ini tetap tidak berubah.

Sama seperti kue ketan, kue klepon dan kue tradisional lainnya, bahan-bahan dan cara membuat wajik ketan ini juga sangat mudah untuk dibuat. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kue wajik sangat simpel dan udah didapat. Biasanya cuma beras ketan putih, air santan dan gula. Asal muasalnya sih cara membuat wajik gula merah atapun pandan ini hanya menggunakan pewarna alami. Warnanya biasanya keluar dari gula merah atapun pandan hijau yang dipakai. Tetapi seiring perkembangan jaman, berbagai warna pun dengan mudah bisa kita buat juga. Apalagi kalau ditambah lagi dengan variasi warnanya yang bisa kita kreasikan sendiri sesuai selera. Ada kue wajik ijo, kue wajik item, kue wajik ungu, kue wajik cokelat. Akan tetapi kue wajik yang akan kita buat kali ini adalah resep wajik ketan pandan hijau.

Meskipun pada kenyataannya kue ini jarang dijual dibeberapa toko khusus, akan tetapi Anda bisa menemukan keberadaannya yang mudah didaerah pasar-pasar tradisional, nah? Kita disini yakin, jikalau didaerah rumah Anda pasti ada pasar tradisional yang menyediakan kue wajik. Yah, meskipun jarang sih….
Penyuka atau penikmat kue ini biasanya mereka para orang tua lansia, namun bagi yang belum tahu rasanya. Kue ini sekarang sudah bisa Anda buat sendiri dirumah, tentunya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan. Wah..Tampaknya makin penasaran nih ingin tahu rasa dari olahan sendiri seperti apa. Yups, langsung saja, ini dia Resep Cara Membuat Kue Wajik Ketan Pandan Hijau.

Resep Wajikketan
Resep Wajik ketan hijau

Bahan-bahan

  • Pertama. Sediakan 500-gr beras ketan putih, atau sesuai porsi.
  • Kedua. Ditambah dengan 200-gr gula-pasir.
  • Ketiga. ditambah lagi dengan 500-ml air santan, kalau ingin praktis bisa pakai sun atau santan kara.
  • Keempat. Sediakan lagi daun pandan sebanyak 9 atau 10 helai.
  • Kelima. Tambahkan lagi pasta pandan secukupnya.

Resep Cara Membuat Kue Wajik Ketan Pandan Hijau

  1. Langkah pertama. Terlebih dahulu rendam beras ketan kurang lebih selama 2 atau 3 jam [Pastikan air rendaman diberi pasta-pandan secukupnya saja, agar berasnya juga menjadi hijau].
  2. Langkah kedua. Apabila telah selesai direndam, pastikan berasnya dikukus selama kurang lebih 25-menit dan sampai empuk.
  3. Langkah Ketiga. Sambil menunggu kita siapkan santannya, dan pastikan santan juga sudah diblender, dengan 5-helai daun pandan agar wangi, dan setelah itu jangan sampai lupa disaring juga yah?.
  4. Langkah keempat. Untuk memasak santan, jangan lupa panaskan terlebih dahulu wajannya, masak santan + 5-helai daun pandan yang sudah diikat ditambah dengan gula [takarannya menyesukan selera masing-masing] Lalu diamkan sampai mendidih, kemudian diaduk sampai pecah santannya.
  5. Langkah kelima. Apabila setelah selesai, kukus terlebih dahulu ketannya, dan masukkan kedalam santai tadi.
  6. Langkah keenam. Nyalakan apinya lagi, aduk terus sampai air meresap di ketan, kemudian tanak.
  7. Langkah ketujuh. Jangan lupa siapkan loyang yang sudah diberi minyak, dan masukkan ketan. Lalu tekan agar padat, dan diamkanlah sampai dingin, baru kemudian diiris

Akhirnya jadi juga dech resep wajik hijau pandan yang kita buat. Bagaimana? Mudah bukan cara membuat wajik ketan ini. Tidak butuh lama sudah tercipta resep kue tradisional yang sehat dan lezat buat hidangan di rumah. Itu tadi sedikit sajian resep kue cemilan yang bisa kami bagikan di halaman kali ini. Jangan lupa ikuti terus resep masakan kami yang lainnya hanya di masakan.info, seperti resep batagor bandung, resep kue putri salju, resep nugget ayam atau resep cilok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *