Home / Resep Kue / Resep Lemper Ayam Praktis Enak Dan Cara Membuat Isi

Resep Lemper Ayam Praktis Enak Dan Cara Membuat Isi

Cara Membuat Resep Lemper Ayam Yang Praktis dan Enak dan Cara Membungkusnya. Jika kita berbicara tentang kue tradisional asli Indonesia yang saat ini masih banyak dijual salah satunya adalah lemper. Kue yang berbentuk seperti lontong dengan rasa yang enak dan lezat ini biasanya sih mempunyai berbagai isi yang bermacam-macam. Ada lemper isi ayam, isi ikan abon, ada lemper isi sosis, lemper isi unti kelapa, dan lain sebagainya. Cukup banyak bukan ternyata variasinya. Termasuk jenis lemper yang satu ini yaitu resep lemper isi ayam. Ayo siapa yang demen banget dengan cemilan isi ayam ini? Sekarang tidak perlu lagi membelinya. Cara membuat lemper ayam ini mudah kok dikerjakan sendiri di rumah.

Dalam berbagai acara kue lemper memang di jadikan hidangan untuk acara-acara tertentu, misalnya saja acara pernikahan, arisan dan berbagai acara hajatan lainnya. Selain itu kemungkinan besar sih paling mantab jika di jadikan camilan keluarga juga buat sehari-hari. Selain rasanya yang lezat dan gurih, resep lemper paling menggoda lagi jika isi di dalamnya di tambahkan dengan daging ayam yang empuk. Pasti sudah terbayang bukan dan makin gak sabaran nih bikin resep lemper ayam ini di rumah. Daripada tiap kepingin harus membelinya, sekarang saat nya kita buat sendiri di rumah.  Tidak usah bingung, Resep membuat lemper ayam ini cukup mudah kok. Bahkan buat bunda yang gak biasa membuat kue tradisional.

Sebenarnya sih harga lemper ayam ini tidak terlalu mahal. Cuma ya itu, saat ini penjual kue lemper ini sekarang yang agak susah dicari. Rata-rata sekarang penjual kue hanya menjajakan kue dadar gulung, donat, kue lumpur, lonting atau aneka gorengan. Untuk itu kalau kita bisa resep cara membuat lemper isi ayam ini sendiri tentu lebih enak bukan. Tanpa butuh waktu lama kita bisa membuat resep lemper ayam ini sendiri. Tidak perlu susah mencari penjualnya. Bahkan tentu sangat lebih menghemat pengeluaran bukan.

Cara Membuat Resep Lemper Ayam Yang Enak dan Lezat

Akhir pekan tampaknya cocok untuk mencoba cemilan kue tradisional yang terbuat dari beras ketan satu ini. Pembuatannya pun cukup mudah sehingga tidak butuh waktu yang lama. Selain itu bahan-bahan untuk membuat resep lemper ayam ini juga tidak terlalu sulit di cari. Khusus bagi para bunda dan ayah di rumah yang mungkin sedang kebingungan cari camilan apa gitu? Waduh, tidak perlu jauh-jauh keluar cari camilan bunda, buat saja kue lemper isi ayam ini. Yuk intip bagaimana cara membuat lemper serta bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah yang wajib bunda persiapkan terlebih dahulu.

resep lemper ayam praktis
resep lemper ayam spesial

Bahan

  • Pertama. Butuh 500-gr beras ketan yang putih, di rendam selama 3 atau sampai 5 jam.
  • Kedua. Siapkan 300-ml santan, [Hasil dari perahan pertama dan kedua ya bunda].
  • Ketiga. Siapkan pula daun pandan kurang lebih 3 atau 4 yang masih segar.
  • Keempat. Siapkan garam secukupnya.

Bahan-bahan abon yang di butuhkan di antaranya

  • Daging ayam sebanyak 300-gr, di kukus terlebih dahulu, dan suwir-suwir menjadi tipis.
  • Bawang putih yang sudah di cincang sebanyak 5 btr.
  • Bawang merah yang juga sudah di cincang sebanyak 3 btr.
  • Sere yang sudah di memarkan sebanyak 2 btr.
  • Tambahkan garam 2 sdt.
  • Jangan lupa untuk daun jeruknya 4 lembar yang masih segar.
  • dan di tambah lagi dengan gula pasir 2 sdm.
  • Yang terakhir 250-ml air, atau ibu bisa memakai santan, kemudian jangan lupa untuk kaldu ayam yang sudah di kukus beserta minyak sesuai porsi untuk menumis.

Bahan-bahan sudah terkumpul, sekarang tinggal lanjut ke cara pembuatan kue tradisonal dari beras ketan ini. Sudah gk sabaran yah pingin membuat resep lemper ayam ini. Yuk ikuti terus resep cara membuat lemper isi ayam dari bahan-bahan diatas berikut ini.

Cara membuat

  1. Sebelum mengukus beras ketan tadi menjadi setengah matang, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu ya bund. Hendaknya di rendam di air yang bersih selama 3 atau 5 jam, setelah itu baru kemudian tinggal di tiriskan.
  2. Kukus selama 15 menit di api yang suhu panasnya agak tinggi.
  3. Setelah itu lanjut untuk mendidihkan santan dan garam serta daun pandan 2 lembar tadi ke panci besar yang sudah siap dengan nyala apinya. Jika sudah cukup selama beberapa menit aduk santai dan ketannya tadi sampai panas dan santan  terserap, dan jangan lupa tambahkan air mendidih secukupnya ya bund.
  4. Lanjut untuk mengukus ketan yang sudah di campur dengan santan tadi sampai benar-benar matang selama 20 menit.
  5. Taruh di dandang pengukus yang agak besar ya bund, dan apabila sudah siap di bentuk, maka isi dengan abon. Dan kemudian biarkan ketan yang sudah di isi tadi memanas di dandang pengukus.
  6. Abon ayam yang sudah di panaskan di dandang pengukus sebaiknya diletakkan dengan ayam di wadah khusus.
  7. Kemudian kukus saja sampai matang, dan angkat ayam serta suwir-suwir jadi tipis memanjang. Dan jangan membuang kaldu sisa tadi ya bund, lebih baik di gunakan untuk membuat abon.
  8. Langkah selanjutnya yakni menyiapkan minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu, dan jangan sampai ketinggalan untuk menumis bawang merah dan bawang putih tadi bund. Sere serta daun jeruknya juga di tumis sampai harumnya tercium sedap.
  9. Kemudian masukkanlah ayam dan kaldunya tadi sampai benar-benar kering, tambahkan lagi santan. Lalu masak dan bumbui dengan gula, garam.
  10. Langkah akhir nih? Semakin gak sabaran ya pengen menyantap saja.
  11. Siapkan sendok untuk mengambil ketan yang sudah di kukus tadi, ambil 2 sendok makan, kemudian taruh di daun pisang yang sudah di siapkan, isi dengan abon, jangan lupa.
  12. Setelah di isi bentuk jadi agak memanjang, atau seperti lontong mini, dan kemudian tusukkan lidi di area atas dan bawah.

Hidangan kue tradisional lemper isi ayam ini siap untuk di nikmati bunda. Resep lemper ayam ini sendiri bisa tahan lama kok di kulkas bahkan bisa sampai 3 atau 4 hari jika di bungkus dengan daun. Itu tadi sajian di masakan.info kali ini tentang Resep Cara Membuat Lemper Ayam. Semoga sajian kali bermanfaat ya untuk para bunda di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa coba juga resep tradisonal lainnya seperti resep batagor bandung, resep bakwan jagung atau resep putri salju spesial buat lebaran nanti.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *