Home / Resep Daging / Resep Empal Daging Sapi Empuk Lengkap Cara Membuat Bumbunya

Resep Empal Daging Sapi Empuk Lengkap Cara Membuat Bumbunya

Resep empal daging sapi goreng empuk tanpa santan lengkap dengan cara membuat bumbu empalnya – Empal daging merupakan salah satu lauk yang biasa disajikan bersama dengan nasi rawon. Rasa yang disajikannya begitu gurih dan enak sekali. Sangat terasa citarasa rempah-rempah karena proses pemberian bumbu dan cara membuat empal daging yang cukup lama. Resep daging empal sapi ungkep ini seharusnya disajikan dengan tekstur empuk dan dapat menggoyang lidah. Karena memang tekstur daging sapi pada dasarnya memang berserat sehingga harus empuk supaya nikmat saat disantan bersama dengan nasi putih. Nah kali ini, kita akan memberikan resep empal daging tanpa santan yang praktis dan sederhana bumbunya lengkap dengan tips cara membuat daging supaya empuk.

Sebenarnya ada beberapa macam resep empal daging yang bisa kita buat. Seperti empal daging basah yang biasanya menggunakan santan, resep empal daging kering tanpa santan, empal sapi gepuk dan lainnya. Tiap resep daging tersebut tentu mempunyai ciri khas dan citarasa unik tersendiri. Walapaun cara membuat empal daging tersebut hampir sama. Tetapi masing-masing bumbu empal daging sapi tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Semuanya enak dan lezat. Tergantung dari selera kita saja sebenarnya mau coba resep empal yang mana. Sebaiknya memang dicoba semua sih biar enggak penasaran.

Untuk membuat resep empal daging tanpa santan ini yang paling diperhatikan adalah tekstur daging sapinya. Biasanya yang terjadi bumbu empal dagingnya sudah sama, tetapi tekstur dagingnya masih alot dan tidak empuk. Agar daging dapat dinikmati dengan enak tanpa harus mengigitnya kencang. Biasanya cara yang ditempuh adalah merebus daging dengan ukuran kecil-kecil agar cepat lunak, namun ternyata justru hal ini akan mengurangi cita rasa daging tersebut. Tampilan resep daging sapi nya juga kurang bagus kalau terlalu kecil.

Untuk itu, sebelum dimasak dengan bumbu empal nya, daging sapi yang disiapkan harus diolah terlebih dahulu supaya lebih empuk. Bisa sih sebenarnya kalau direbus dalam jangka waktu yang snagat lama, tetapi tekstur dagingnya nanti jadi agak lembek. Rasa gurihnya juga berkurang karena kandungan sarinya sudah keluar bersmaa air rebusan. Untuk itu, dibawah kita berikan tips cara mengolah daging supaya resep empal daging yang kita buat nanti empuk dan lezat.

resep empal daging sapi
resep empal daging sapi goreng

Tips cara memasak resep empal daging lebih mudah

1. Menggunakan potongan pepaya atau nanas

Buah-buahan tidak hanya untuk disantap mentah-mentah, ternyata buah pepaya dan nanas mengandung enzim nabati yang dapat melarutkan protein serta jaringan pada daging. Caranya haluskan buah-buahan ini, lalu lumuri daging yang sudah dibersihkan dan diamkan selama beberapa jam.

2. Celupkan sendok

Rebus daging pada air yang mendidih, masukkanlah satu atau dua senodk yang terbuat dari besi. Hal ini dapat membantu daging lebih cepat empuk dikarenakan sendok dapat menyerap panas secara cepat. Sehingga membantu daging untuk lebih empuk.

3. Garam dari laut

Menggunakan garam laut juga bisa menjadi pilihan. Caranya cukup ditaburkan ke semua permukaan daging sapi. Kemudan didiamkan selama sejam, setelah itu barulah daging siap untuk diolah. Pemberian garam pada daging akan membantu proses penghancuran ikatan protein dalam daging hingga resep empal daging terasa lebih empuk.

4. Tambahkan cuka

Cairan yang terkandung dalam cuka dapat membantu untuk melunakkan otot dan serat yang ada pada daging. Kandungan asamnya dapat menambah rasa daging. Gunakanlah aneka ragam cuka, misalnya cuka balsamic, cuka apel, atau cuka biasa. Rendamlah daging didalamnya.

Setelah daging kita olah terlebih dahulu, maka proses cara memasak empal daging ini lebih mudah dan cepat. Tinggal kita mengolah bumbu daging empal nya dan dimasak besama dagingnya. Bagaimana cara membuat empal daging empuk ini ? Simak bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep empal daging sapi dibawah ya.

Bahan utama empal daging sapi

  1. Sediakan daging sapi sebanyak 500 gram atau sesuai kebutuhan.
  2. Sediakan air yang cukup untuk merebus.
  3. Sediakan laos secukupnya.
  4. Sediakan minyak goreng secukupnya.

Bahan bumbu empal daging

  1. 5 siung bawang putih.
  2. Sediakan 6 siung bawang merah.
  3. Siapkan ketumbar 1 sendok makan.
  4. Kunyit sepanjang 2 ruas jari.
  5. Siapkan pula gula dan garam secukupnya saja.

Cara membuat empal daging sapi

  1. Cara memasaknya yaitu potonglah daging sapi sesuai selera, sebaiknya tipis agar mudah dinikmati.
  2. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam serta kunyit. Parut laosnya supaya bumbu lebih meresap nanti.
  3. Rebus air secukupnya, sesuai seberapa banyak daging yang akan direbus, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Masukkan gula merah.
  5. Lalu daging dimasukkan dan diaduk secara perlahan-lahan, api sebaiknya dikecilkan.
  6. Supaya daging lepas embuh bisa mencoba beberapa trik diatas, salah satunya memasukkan sendok yang terbuat dari besi.
  7. Ketika air sudah mulai berkurang dan bumbu merasuk kedalam daging, siapkan dahulu tempat penggorengan.
  8. Gorenglah daging dengan api sedang, tunggu hingga daging matang kemudian tiriskan.

Seteah minyak tiris, resep daging empal yang empuk siap dihidangkan bersama nasi hangat. Tidak terlalu sulit bukan cara membuat empal daging sapi diatas. Selamat mencoba resep empal daging sapi yang empuk dan gurih rasanya. Untuk ide resep masakan sehari-hari lainnya, silahkan mencoba resep empal gentong, resep daging sapi lada hitam atau Resep Nasi Liwet Khas Sunda.

About admin

Ibu rumah tangga dengan 2 orang anak yang masih kecil yang berusaha untuk menjadi yang terbaik buat keluarga. Selalu ingin mencoba menyajikan menu resep masakan tradisional ataupun modern untuk hidangan keluarga kecil kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *