Home / Resep ayam / Resep Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan Sederhana Sehat Dengan Sayuran

Resep Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan Sederhana Sehat Dengan Sayuran

Resep Cara Membuat Nugget Homemade Sehat Kandungan Gigiza dan Sederhan Cara Bikin Resep Bumbu Nuggetnya. Nugget ayam adalah salah satu resep olahan dari daging ayam segar yang dicampur dengan bumbu lainnya dan dibalut dengan tepung panir di luarnya. Resep nugget ayam sehat menjadi salah satu favorit keluarga di Indonesia untuk menyiapkan resep masakan yang cepat saji tetapi bergizi tinggi. Memang kebanyakan dari kita biasanya membeli makanan ini sudah dalam bentuk frozen atau beku. Alasan utamanya sih biar praktis dan tidak repot bukan. Padahal cara membuat nugget ayam sederhana sendir di rumah itu mudah sekali lho. Selain itu bahan membuat nugget ayam ini juga mudah di dapat dan dibeli. Selain lebih sehat, tentu jauh lebih menguntungkan bukan daripada membeli olahan ayam ini di supermarket.

Ngomong-ngomongin soal ayam, bukan hanya si upin-ipin dari Malaysia saja nih yang demen makan ayam. Dari banyaknya orang yang menyukai jenis daging, daging ayam adalah makanan yang paling banyak disukai orang pada umumnya. Selain rasanya yang tidak-tidak cukup bosan untuk dinikmati, ayam memang mempunyai citarasa yang membuat orang akan ketagihan. Yang paling praktis memang resep nugget ayam ini. Tinggal memanaskan wajan dengan minyak secukupnya kemudian digoreng deh. Kalau memang benar benar enggak punya waktu, memang lebih praktis membeli nugget ini. Tetapi kalau ada kesempatan, tentu jauh lebih sehat kalau kita bikin nugget ayam ini sendiri di rumah. Cara membuat nugget ayam juga tidak terlalu sulit kok. Paling enak sih memang langsung di goreng, tetapi kalau mau disimpan buat stok juga bisa lho.

Cara membuat nugget ayam rumahan

Olahan ayam sendiri bermacam-macam jenisnya, ayam bakar, ayam panggang, lemper ayam, dimsum ayam dan masih banyak lagi. Selain bisa menjadi menu solois yang enggak ngebosenin, ayam juga bisa dikreasikan dalam olahan camilan, salah satunya ini guys, “Olahan nugget ayam.” Nah? Berbicara tentang nugget, faktanya juga banyak orang yang demen nih sama nugget. Makanya sekarang jadi featuring dech nih nugget dan ayam, tapi enaknya bisa jadi perpaduan yang mantab untuk disantap kala santai dan kumpul-kumpul sama keluarga maupun temen. Jadi bukan hanya buat lauk teman makan nasi saja lho. Resep nugget ayam ini bisa juga menjadi cemilan sehat dan bergizi buat seluruh anggota keluarga.

Proses cara membuat nugget ayam sendiri juga tidak sulit-sulit banget kok. Praktis dan sederhana penyajiannya. Banyak pula nugget yang bisa divariasikan selain nugget ayam, ada nugget wortel, nugget sayur, nugget tahu, nugget tempe. Dan yang paling istimewa yang akan kita kupas kali ini adalah, si resep nugget ayam. Tidak perlu jauh-jauh lagi atau ribet untuk beli kesana-kemari, sekarang sudah bisa dibuat sendiri dirumah lho? Pasti para bunda sudah tidak sabaran yah pengen nyobain resepnya dan kira-kira bagaimanakah cara pembuatan nugget ayam yang praktis dan sederhana sendiri di rumah. Berikut kami bagikan tipsnya lengkap dengan bahan untuk membuat nugget ayam sederhana sendiri di rumah.

resep nugget ayam rumahan
resep nugget ayam sederhana dan sehat

Bahan membuat nugget ayam

  • Bahan paling penting adalah daging ayam segar tanpa tulang sekitar 250 gram.
  • Buah wortel segar ukuran lumayan besar kurang lebih 1 batang saja. Kupas kulit luarnya kemudian parut pakai parutan biasa untuk keju ya.
  • Bawang merah ukuran sedang kurang lebih 3 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang atau besar kurang lebih 3 siung juga.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 butir untuk campuran adonan resep nuggetnya.
  • Tepung terigu yang sudah diayak kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Penyedap rasa non msg rasa ayam kurang lebih sebanyak 12 gram saja.
  • Lada halus secukupnya kalau suka pedas.
  • Garam dapur yang beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir putih untuk pelengkap secukupnya sesuai selera.

Bahan pelengkap nugget

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih 1 butir untuk bahan celupan.
  • Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Minyak goreng baru secukupnya.
  • Air bersih dan panci kukusan.

Cara membuat nugget ayam

  1. Pertama potong daging ayam segar tanpa tulangnya menjadi kotak kecil supaya mudah saat dihaluskan dengan bumbu nugget lainnya.
  2. Masukkan potongan daging ayam tadi kedalam blender atau food processor bersama dengan telur ayam, bawang putih dan bawang merah.
  3. Blender dan haluskan bahan bahan adonan nugget tadi sampai halus dan tercampur rata. Kalau dirasa agak susah halus, bisa ditambahkan sedikit saja air bersih kemudian sisihkan.
  4. Masukkan wortel yang sduah diparut tadi kedalam adonan bersama dengan kaldu ayam bubuk, garam dapur, gula pasir, lada halus dan tepung terigunya.
  5. Aduk semua bahan tadi hingga benar-benar tercampur rata.
  6. Siapkan panci kukusan dan beri air secukupnya.
  7. Siapkan loyang ukuran sedang dan masukkan adonan nugget yang tadi sudah dihaluskan ke dalamnya. Jangan lupa beri dan olesi bagian dasarnya dengan sedikit minyak ya.
  8. Kukus dan masak adonan di dalam loyang tadi sampai matang atau kurang lebih selama 20 sampai 25 menit.
  9. Untuk menjaga nugget nya tidak terlalu lembek, jangan lupa tutupi panci kukusannya dengan kain ya supaya uap airnya tidak jatuh kedalam loyang.
  10. Setelah matang keluarkan loyang dari panci dan biarkan sebentar sampai agak dingin.
  11. Setelah itu potong adonan nugget tadi sesuai dengan ukuran dan bentuk yang dikehendaki.
  12. Siapkan 1 butir telur yang sudah dikocok lepas.
  13. Celupkan potongan nugget yang sudah dikukus tadi kedalam telur kemudian gulingkan dan gulirkan kedalam tepung panir sampai rata.
  14. Ulangi sampai semua potongan nugget habis.
  15. Resep nugget ayam rumahan yang sehat dan sederhana siap untuk digoreng sebagai cemilan atau stok di freezer.
cara membuat nugget ayam sederhana
cara membuat nugget ayam rumahan

Akhirnya selesai juga ya bunda cantik proses bikin nugget ayam ini sendiri di rumah. Ternyata cara membuat nugget ayam ini tidak sulit dan mudah dipraktekkan di rumah bukan. Dan yang paling penting sih menurut saya lebih sehat dan bergizi karena menggunakan bahan bahan alami dan tanpa tambahan bahan pengawet. Kalau mau buat stok, jangan lupa ya simpan di freezer atau lemari pembeku. Resep nugget ini selain untuk konsumsi sendiri bisa juga bisa dijadikan bisnis atau peluang usaha untuk penghasilan bunda dirumah. Apalagi kalau ditambah dengan aneka sayuran sehingga lebih menarik minta pembeli. Semoga bermanfaat, dan bisa jadi referensi untuk para bunda-bunda dirumah. Selamat mencoba dan jangan lupa coba resep masakan kami lainnya seperti resep fuyunghai, resep batagor bandung, resep gulai ikan atau cara membuat cilok dengan bumbu kacang.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *