Home / resep ikan / Resep Cara Membuat Empek-empek Dengan Kuah Pempek

Resep Cara Membuat Empek-empek Dengan Kuah Pempek

Cara Membuat Empek-Empek Sederhana Spesial Yang Empuk dan Lembut Lengkap Dengan Resep Kuah Pempek Khas Palembang. Kota yang dahulunya dikenal sebagai Swarnabhumi yang juga berarti bumi emas ini terkenal memiliki makanan khas yang enak dan lezat. Dimana orang diseluruh penjuru Indonesia pasti mengenal dan menyukainya, yaitu empek-empek. Empek-empek atau orang juga biasa menyebutnya pempek palembang yang sesuai dengan namanya ini merupakan oleh-oleh yang paling cocok khas dari Sumatra Selatan. Atau bisa dibilang tepat atau lebih spesifiknya adalah kota Palembang. Resep Empek-empek ini pada umumnya berbahan dasar ikan dan tepung sagu. Perpaduan ikan, tepung sagu dan bumbu pempek khas Pelembang lainnya membuat rasanya enak dan ada tekstur ada kenyal-kenyalnya. Dalam penyajiannya pempek biasa disuguhkan bersama semangkuk kuah empek-empek pedas. Kuah ini biasanya dengan warna coklat kehitaman yang biasa disebut dengan cuko atau cuka.

Sejarah Cara Membuat Empek-Empek Dari Palembang

Menurut sejarah jaman dahulu yang kami telusuri, resep makanan pempek yang dikenal mulai abad ke 16 ini ada karena pemanfaatan banyaknya jumlah ikan di pinggiran Sungai Musi. Karena banyaknya jumlah ikan yang ditangkap nelayan di pinggiran sungai tersebut, maka mereka menciptakan kreasi resep masakan ikan yang baru, yaitu resep cara membuat empek-empek. Istilah pempek sendiri telah dipercaya berasal dari kata “apek” , yang merupakan sebutan nama seorang laki-laki dari tionghoa. Dahulu hasil tangkapan ikan masih belum maksimal dalam proses pengolahannya, sehingga Siapek ini merasa begitu prihatin. Lalu dilakukanlah uji coba untuk menciptakan resep makanan baru yaitu resep empek-empek ini. Beliau menyatukan bahan dari daging ikan giling dengan repung tapioka, hingga terciptalah cara membuat pempek sederhana yang begitu terkenal sampai sekarang. Selain itu, cara membuat kuah empek-empek dengan bahan gula merah, asam dan buah cabai juga ditemukan. Penjualannya masih sangat sederhana sekali. Beliau keliling kota menggunakan sepeda yang setiap pembelinya memanggil dengan nama “pek” dalam bahasa Tionghoa berarti paman untuk menjajakan resep ikan ini.

Karena pengucapan yang sering “pekpek” maka akhirnya makanan ini dikenal sebagai pempek atau empek-empek. Dalam sejarahnya, pempek ini dahulu digunakan sebagai hidangan saat upacara adat tertentu. Sebagai keperluan adat dengan bahan dasar makanan dari ikan dan tepung tapioka. Selama ini pempek telah mengalami banyak perkembangan variasi dan cara membuat empek-empek nya. Seperti contoh empek-empek kapal selam, pempek lenjer, keriting, pastel, dan tekwan. Untuk cara membuat kuah empek-empek nya sendiri tidak terlalu banyak perubahannya. Bahan-bahannya juga bisa dibilang hampir sama dengan resep pempek jaman dahulu.

Siapa yang menduga ya kalau saat ini makanan empek-empek dari Palembang ini sudah sangat populer sekali. Tidak hanya di Palembang dan pulau Sumatera saja, saat ini hampir di semua wilayah Indonesia banyak penjual pempek ini. Mulai dari mal, restauran dan penjual kaki lima mereka menyajikan resep pempek andalan mereka. Bahkan banyak juga penjual epek-empek keliling di sekitar rumah. Lalu apa saja yang kita butuhkan untuk bikin empek-empek ini ? Mari kita bahas lebih detail mengenai cara membuat empek-empek lengkap dengan cara membuat kuah pempek nya dibawah ini.

Cara Membuat Empek-empek Renyah
Resep Cara Membuat Empek-Empek Enak

Bahan-bahan untuk membuat resep empek-empek asli Palembang ini adalah :

Bahan Untuk Adonan Empek-empek

  1. Sediakan 1 kilo ikan belida yang telah digiling halus. Bisa juga menggunakan ikan tenggiri atau ikan gabus. Disesuaikan saja dengan stok bunda di rumah.
  2. Sediakan tepung tapioka atau sagu dengan kualitas baik sebanyak 1,5 kilogram.
  3. Sediakan 1 bungkus bumbu penyedap rasa kalau suka.
  4. Segelas air es yang matang secukupnya.
  5. Sediakan garam dapur beryodium secukupnya.

Bahan untuk Membuat Kuah Empek-empek

  1. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih 2,5 ons.
  2. Siapkan air sebanyak 300 cc.
  3. Siapkan cabai rawit 5 buah.
  4. Cabai merah keriting 3 buah.
  5. Bawang putih 8 buah.
  6. Siapkan 1 sendok makan asam.
  7. Siapkan 2 sendok makan ebi yang sudah ditumbuk halus.
  8. Sediakan juga garam dapur beryodium seperlunya.

Bagaimana cara membuat resep empek-empek asli Palembang ?

  1. Pertama adalah rebus air yang telah ditambahkan 2 sendok makan minyak goreng.
  2. Kemudian campur ikan giling bersama air es yang sudah disediakan. Lalu tambahkan garam dengan bumbu penyedap kedalamnya. Aduklah secara merata agar tercampur.
  3. Lalu tambahkan tepung sagu secukupnya pada adonan yang sudah tercampur rata diatas. Setelah itu aduk adonan sampai mengental dan tidak lengket. Seberapa banyaknya sagu menjadi penentu tingkat kekenyalan dari makanan tersebut.
  4. Lumuri tangan anda dengan sedikit tepung untuk membuat adonan, bentuk sesuai selera. Biasanya berbentuk lonjong jika suka bisa diisi dengan telur.
  5. Lalu rebus adonan kedalam air rebus bersama minyak goreng. Tunggu hingga adonan empek-empek ini mengapung keatas. Setelah itu angkat lalu tiriskan di piring yang disediakan.
  6. Pembuatan kuah cuko empek-empek terbilang cukup mudah.
  7. Pertama didihkanlah semua bahannya kecuali pada ebi sampai benar-benar mendidih.
  8. Kemudian setelah terlihat sudah cukup mendidih, masukkan ebi lalu aduk-aduk sampai mendidih dan matang kemudian sisihkan.
  9. Siapkan wajan dengan minyak cukup untuk menggoreng empek-empek nya.
  10. Masak dan goreng sampai berubah warna kuning kecoklatan lalu angkat.
  11. Masukkan kedalam mangkuk atau piring sajian kemudian siram dengan kuah cuko sesuai selera.

Selesai juga ya resep cara membuat empek-empek spesial khas kota Palembang diatas. Walaupun pempek diatas cukup sederhana, tetapi rasa dan kezetannya tidak kalah lho dibandingakn bikinan penjual empek-empek lainnya. Apalagi dilengkapi dengan cara membuat kuah empek-empek diatas. Jika suka bunda bisa menambahkan irisan timun segar didalamnya supaya lebih lezat. Empek-empek asli dari Palembang pun sudah siap untuk disajikan. Untuk ide resep masakan Indonesia lainnya, silahkan mencoba Cara membuat Bakwan Jagung Renyah atau Resep Kue Kering Putri Salju kami.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *