Home / Resep Kue / Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sederhana

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sederhana

Ceritanya baru sekali ini aku berhasil membuat kue bolu kukus mekar yang cantik. Jangan di ejek ya. Sebenarnya sih sudah sering membuat resep bolu kukus mekar sederhana, tetapi cuma berhasil tertawa saja atau senyum simpul karena hasilnya tidak terlalu cantik dan kue bolu nya tidak terlalu mekar sempurna. Tetapi karena memang anak-anak suka sekali dengan resep kue bolu kukus ini, maka mau tidak mau juga sering membuatnya. Soalnya cara membuat bolu kukus ini mudah dan sederhana sekali sih. Daripada beli di luar walaupun harganya tidak terlalu mahal, tetapi anak-anak sekali makan bisa sampai 6 kue dalam sehari. Jadi kalau dihitung ya lumayan juga bukan.

Hari ini kebetulan Mama lagi dateng ke rumah kami. Soalnya denger ada cucu tercintanya yang kena sakit cacar air udah heboh aja. Walaupun baru seminggu pulang ke Salatiga sudah harus terpaksa balik lagi ke Cibubur lagi. Aku ngobrol sama Mama lagi-lagi soal bolkus ceria yang belum pernah sukses. setelah dengar ceritaku, akhirnya Mama menghubungkan aku dengan mbak Atik seorang juragan kue bolu kukus di Karang Ali rumahnya pas sebelahan dengan rumah di Salatiga. Dengar cerita Mama aku jadi gregetan banget secara mbak Atik ini jago sekali membuat kue bolu yang dikukus sampai mekar ini. Beliau tiap hari membuat ratusan bolkus ekonomis untuk di jual di kantin-kantin sekolah dan warung. Padahal pakai resep bolu kukus yang sederhana sekali, cuma pakai air biasa.

Alhamdulillah akhirnya resep bolu kukus mbak Atik udah ditangan saya. Saat saya periksa resep bolunya ternyata enggak ada yang aneh dan spesial lho. Akhirnya jadi tambah geregetan banget kan setelah baca resepnya. Akhirnya setelah semalem habis pijatan dengan anak-anak diniatin mau mengekekusi resep kue bolu kukus ini di rumah. Terima kasih berkat signora, waktu mixer adonan bolu ini jadi lebih cepat dari biasanya.

Resep Bolu Kukus mekar ini aku ambil dari salah satu blog resep masakan yang cukup terkenal. Tentu saja aku modifikasi sedikit sesuai dengan stok bahan adonan bolu mekar yang ada di rumah. Oh ya, pesan dari mbak Atik supaya cara membuat bolu kukus nya bisa mekar dan cantik air bia diganti dengan air soda, santan atau susu cair. Kalau mau lebih enak dan lezat, tepung terigunya bisa dicampur dengan sedikit susu bubuk supaya lebih gurih rasanya. Kalau resep kue bolunya mbak Atik sih enggak pakai macam-macam, cuma pakai air doang. Secara dijual di warung-warung jadi harganya harus lebih murah dan ekonomis.

Sumber Resep : Tips Resep Cara Membuat Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus
Bolu Kukus Mekar

Bahan Untuk Membuat resep Bolu Kukus Mekar Ceria

  1. 2 butir telur ayam ukuran sedang.
  2. Secukupnya pewarna makanan warna pink, warna kuning, warna hijau dan warna biru.
  3. 220 gram gula pasir. Bisa ditambahn sampai 250 gram, keluargaku soalnya tidak terlalu suka manis.
  4. 250 gram tepung terigu protein sedang yang sudah diayak halus.
  5. 200 mililiter susu plain cair merek terserah anda (resep aslinya sebenarnya 200 ml santan ditambah dengan 50 gr susu bubuk).
  6. 1 sendok teh emulsifier kualitas bagus.
  7. 1 sendok teh pasta vanilla atau pasta lain sesuak selera (versi aslinya menggunakan 1 sendok makan essence tutti fruitty).

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sederhana Ekonomis

  1. Pertama hidupkan api sedang kemudian panaskan kukusan sampai keluar uapnya.
  2. Sambil menunggu kukusan siap, kita kocok dan mixer gula pasir dan telur ayam sampai setengah mengembang.
  3. Setelah itu kemudian masukkan emulsifier lalu lanjutkan mixer dan mengocok sampai putih kental.
  4. Berikutnya masukkan terigu terigu protein sedang dan susu secara bergantian sambil adonan terus dimixer dan dikocok.
  5. Selanjutnya masukkan vanilla pasta kemudian aduk ampai benar-benar merata.
  6. Lalu bagi adonan bolu mekarnya menjadi 4 bagian yang sama banyaknya. Masing-masing diberi pewarna makanan warna pink, kuning, biru dan hijau sesuai selera.
  7. Selanjutnya masukkan adonan ke dalam cetakan kertas bolu kukus sesendok demi sesendok sampai penuh. Ulangi sampai semua adonan bolu kukusnya habis.
  8. Kemudian kukus cetakan tadi kedalam panci kukusan selama 15 menit sampai matang.

Tips Supaya Bolu Kukusnya Mekar dan Tidak Bantat

  • Pertama gunakan api yang besar saat mengukus bolunya.
  • Kedua jangan lupa menutup kukusan dengan serbet atau kain lainnya supaya uap air tidak menetes kembali kedalam cetakan kertasnya. Klakat atau disebut juga kukusan. Kemarin aku ngukusnya udah pake klakat jadi nggak pake ditutup serbet lagi.
  • Ketiga selama proses mengukus bolunya, tutup panci kukusan dan jangan dibuka-buka.
  • Keempat kemaren aku mebuat bolu di kukusannya nya pakai cetakan dan liner cupcake dan bukan cetakan bolkus yang bolong-bolong, walaupun begitu ternyata tetap jadi dan tidak bantat lho.

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga cara membuat bolu kukus mekar ceria ini. Hasilnya sangat menggembirakan hati ini yang sudah susah payah membuat resep bolu kukus ini. Kue bolu nya mekar semua dengan sempurna dan empuk tidak bantat. Walaupun sudah semaleman,, tetapi kue bolkuks ini tetap empuk dan enak lho. Semaleman anak-anak sudah habis banyak, makanya enggak berani bawa ke kantor. Takutnya anak-anak nanti ingin nambah lagi kue bolu ini. Jangan lupa coba juga ya Resep Empal Gentong Cirebon Ala Mang Darma atau Cara Membuat Lumpia Semarang.

About admin

Ibu rumah tangga dengan 2 orang anak yang masih kecil yang berusaha untuk menjadi yang terbaik buat keluarga. Selalu ingin mencoba menyajikan menu resep masakan tradisional ataupun modern untuk hidangan keluarga kecil kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *