Home / Resep ayam / Resep Ayam Bakar Kalasan Asli Mantap dan Cara Membuat Bumbu Legit

Resep Ayam Bakar Kalasan Asli Mantap dan Cara Membuat Bumbu Legit

Resep Ayam Bakar Kalasan Asli Legit dan Lezat Beserta Tips Cara Membuat Bumbu Kalasan Spesial Yang Mantap dan Legit. Ayam bakar kalasan adalah salah satu resep ayam bakar dengan citarasa manis yang lezat dan menggunakan bumbu tradisional yang sederhana. Seperti juga resep aneka masakan yang berasal dari daerah propinsi Jawa Tengah lainnya, resep ayam kalasan ini juga menggunakan gula merah jawa dan kecap atau air kelapa sebagai bahannya. Bumbu ayam bakar kalasan inilah yang mencipatakan sensasi rasa legit dan lezat di dalam dan luar daging ayamnya. Tampilannya yang coklat dengan aroma khas ayam bakar dan harumnya bumbu ayam bakar kecap memang membuat kita pasti akan ketagihan. Apalagi kalau disantap bersama nasi hangat dan resep sambal ayam kalasan khusus yang nikmat dan lezat.

Selain rasanya yang enak, legit dan lezat, salah satu ciri khas resep ayam bakar kalasan yaitu warnanya yang sedikit gelap. Warna yang gelap ini sebenarnya wajar karena memang dibakar bukan. Tetapi kalau dibandingkan dengan ayam bakar dari daerah lainnya atau resep nugget ayam, daging dari resep ayam kalasan ini memang sedikit lebih gelap. Bahkan sampai didalam daging ayamnya. Hal ini memang menajdi salah satu ciri khas ayam dengan bumbu kalasan. Bahkan resep ayam goreng kalasan pun biasanya juga lebih gelap warnanya apabila dibandingkan dengan resep ayam goreng lainnya. Bunda tidak perlu khawatir, warna gelap ini memang wajar karena bumbu ayam bakar kalasan nya. Kecap dan citarasa manis dari bumbu ayam bakar ini memang membuat resep ayam bakar yang kita buat cenderung kelihatan gosong.

Citarasa manis dan legit dari resep masakan ayam khas Jawa Tengah ini memang pas sekali untuk disantap bersama dengan sambal ayam kalasan yang pedas. Apalagi ditambah dengan lalapan segar seperti ketimun ataupun daun kemangi. Yummy dan mantap, pasti membuat anak anak ataupun suami ketagihan dan ingin mencoba lagi satu potong ayam bakar bumbu kalasan ini. Nah, untuk membuat ayam bakar kalasan ini sebenarnya sangat praktis dan simpel kok. Tidak perlu kelaur uang untuk membelinya. Cara membuat ayam bakar kalasan yang enak dan lezat tidak terlalu susah kok. Citarasanya tidak kalah lho apabila dibandingkan dengan resep ayam bakar pak sahak ataupun ayam bakar madu.

Pada umumnya, resep masakan ayam memang paling mantap kalau dimasak menggunakan ayam kampung. Jenis ayam ini memang berbeda dengan ayam potong yang banyak dijual di pasar tradisional ataupun modern. Walaupun banyak yang bilang dagingnya lebih alot, tetapi aroma dan citarasa resep masakan ayam kampung memang lebih gurih dan lezat. Apalai kalau ditambah dengan bumbu ayam bakar kalasan spesial ini. Yummy pasti akan sangat mengundang selera. Tetapi walaupun begitu, ayam potong pun sebenarnya bisa juga digunakan untuk resep ayam bakar kalasan ini. Tentu pilih dan gunakan ayam yang segar atau habis dipotong. Soalnya kalau menggunakan ayam frozen biasanya aroma dan rasanya tentu beda. Walaupun cara membuat ayam bakar kalasan dan bumbu kalasannya sama. Yowes daripada lama lama, yuk cek bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep ayam bakar bumbu kalasan dibawah ini.

Resep Ayam Bakar Kalasan

Seperti juga resep aneka masakan yang berasal dari daerah propinsi Jawa Tengah lainnya, resep ayam bakar kalasan ini juga menggunakan gula merah jawa dan kecap atau air kelapa sebagai bahannya. Perpaduan ini membuat ayam bakar kalasan mempunyai citarasa spesial yang tidak ada duanya.

  1. Cara membuat ayam bakar bumbu kalasan pertama adalah potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera.

    Selanjutnya cuci dengan air mengalir sampai benar benar bersih (kalau menggunakan ayam frozzen bisa diberi beberapa tetes air jeruk) kemudian tiriskan.

    Siapkan uleg kan dan haluskan bawang putih, bawang merah dan bumbu ayam bakar kalasan lainnya sampai halus.

    Setelah itu siapkan pan atau wajan ukuran besar dan letakkan batang serai yang sudah digeprak dan daun salam dibagian dasarnya.

    Letakkan potongan ayam diatasnya kemudian masukkan bumbu ayam bakar tadi.

    Tuang setengah bagian air kelapanya bersama dengan gula merah sisir.

  2. Hidupkan kompor dan masak sambil diaduk aduk sampai mendidih dan daging ayamnya hampir matang.

    Setelah meresap tuang kembali sisa air kelapanya kemudian masak lagi sampai dagingnya empuk.

    Tes rasa dan tambahkan garam dapur dan gula kalau diperlukan.

    Setelah itu diamkan sampai dingin. Semakin lama semakin bagus dan bumbunya meresap sempurna.

    Kalau sudah akan dibakar, siapkan pan untuk mebakarnya. Bisa juga menggunakan teflon dan olesi dengan sedikit margarian.

    Bakar atau panggang dan sesekali olesi dengan sisa bumbu saat proses pembakaran supaya aroma dan rasanya semakin mantap.

    Ulangi sampai semua ayam sudah dibakar dan siap untuk disajikan bersama dengan lalapan dan sambal favorit keluarga anda.

resep ayam bakar kalasan spesial
resep ayam bakar kalasan asli

Bahan Resep Ayam Bakar Kalasan

  • Bahan pertama adalah ayam segar ukuran sedang besar atau kurang lebih sebanyak 1 kg.
  • Air kelapa segar dari 1 butir kelapa tua ukuran sedang besar.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Batang lengkuas kurleb sepanjang 2 cm saja.
  • Batang serai kurang lebih 2 batang. Ambil bagian putihnya saja lalu geprek.
  • Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 3 atau sampai 4 sendok.

Bahan Untuk Membuat Bumbu Ayam Bakar Kalasan

  • Bawang merah kurang lebih sebanyak 7 pcs.
  • Bawang putih kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Kemiri yang sudah disangrai kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya atau sesuai selera.

Bahan tambahan

  • Beberapa potong ketimun segar.
  • Daun kemangi segar atau daun selada.
  • Sambal bawang atau sambal lain sesuai selera.

Cara Membuat Ayam Bakar Kalasan

  1. Cara membuat ayam bakar bumbu kalasan pertama adalah potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Selanjutnya cuci dengan air mengalir sampai benar benar bersih (kalau menggunakan ayam frozzen bisa diberi beberapa tetes air jeruk) kemudian tiriskan.
  3. Siapkan uleg kan dan haluskan bawang putih, bawang merah dan bumbu ayam bakar kalasan lainnya sampai halus.
  4. Setelah itu siapkan pan atau wajan ukuran besar dan letakkan batang serai yang sudah digeprak dan daun salam dibagian dasarnya.
  5. Letakkan potongan ayam diatasnya kemudian masukkan bumbu ayam bakar tadi.
  6. Tuang setengah bagian air kelapanya bersama dengan gula merah sisir.
  7. Hidupkan kompor dan masak sambil diaduk aduk sampai mendidih dan daging ayamnya hampir matang.
  8. Setelah meresap tuang kembali sisa air kelapanya kemudian masak lagi sampai dagingnya empuk.
  9. Tes rasa dan tambahkan garam dapur dan gula kalau diperlukan.
  10. Setelah itu diamkan sampai dingin. Semakin lama semakin bagus dan bumbunya meresap sempurna.
  11. Kalau sudah akan dibakar, siapkan pan untuk mebakarnya. Bisa juga menggunakan teflon dan olesi dengan sedikit margarian.
  12. Bakar atau panggang dan sesekali olesi dengan sisa bumbu saat proses pembakaran supaya aroma dan rasanya semakin mantap.
  13. Ulangi sampai semua ayam sudah dibakar dan siap untuk disajikan bersama dengan lalapan dan sambal favorit keluarga anda.

Selesai dan ternyata tidak sesulit yang kita kira bukan untuk membuat resep masakan ayam bakar bumbu kalasan ini. Memang kuncinya terletak di bumbu ayam kalasan dan cara membuatnya. Semakin lama atau sering diungkep atau dihangatkan, resep ayam bakar kalasan ini tentu lebih meresap rasanya sampai kedalam daging. Untuk sambal ayam bakar nya bisa disesuaikan. Bisa menggunakan sambal bawang, sambal korek, sambal lombok ijo ataupun Resep Tumis Kangkung dan Resep Tahu Goreng. Untuk masakan sederhana tapi spesial lainnya, silahkan coba Resep Batagor Bandung atau Resep Empal Daging.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *