Home / Resep Kue / Cara Membuat Resep Brownies Kukus Coklat Tepung Ketan

Cara Membuat Resep Brownies Kukus Coklat Tepung Ketan

Rahasia Resep Brownies Kukus Coklat Supaya Lembut dan Empuk Anti Bantat. Suami dan anak-anak lagi doyan banget nih sama kue brownies kukus. Kalau bicara masalah rasa, resep kue brownies kukus ini memang paling mantap sekali rasanya. Teksturnya lembut dan tidak keras sehingga anak-anak juga suka. Bahkan bisa habis lebih dari 3 potong sekali makan. Apalagi kalau yang dibuat adalah resep brownies kukus coklat. Yummy, mulai dari ayah sama adik yang paling kecil pun berlomba untuk menghabiskan kue kukus ini. Memang pas sekali dengan citarasa coklat yang manis dan legit. Tetapi tentu saja dengan syarat kue basah yang dibuat tidak buntet. Kalau buntet, memang langsung hilang selera makan seluruh keluarga. Cara membuat brownies kukus coklat memang gampang-gampang agak susah. Gampang kalau langsung jadi, tetapi kalah enggak hati-hati bisa jadi brownies bantan kukus.

Edisi resep brownies kukus coklat kali ini ceritanya menghabiskan bahan-bahan yang ada di dapur saja. Daripada ribet-ribet perpi keluar untuk membeli bahan untuk membuat brownies kukus ini, maka ambil yang lebih praktis saja. yaitu menghabiskan sisa stock tepung ketan yang ada di dapur. Biasanya kan cara membuat brownies kukus menggunakan tepung terigu. Nah edisi kali ini karena kepepet akhirnya menjadi resep kue brownies kukus tepung ketan dan coklat. Kawan-kawan tenang saja, tekstur dan rasanya tidak kalah enak dan lezat kok dibandingkan dengan resep kue brownies kukus coklat yang menggunakan tepung terigu biasanya.

Sudah menggunakan tepung ketan, eh ada masalah lagi ternyata. Emulifer atau pengembang kuenya ternyata stoknya menipis. Tetapi tetap saja dipaksain menggunakan emulsifer yang tersisa untuk membuat resep brownies kukus coklat ini. Walaupun hasilnya kurang nendang, tetapi masih enak dan lembut kok. Kalau kebetulan sista sista di rumah punya tepung terigu dan tepung ketan, sebaiknya mencoba resep kue brownies kukus versih dibawah ya. Rasanya lebih gimana gitu dibandingkan dengan tepung terigu biasanya. Lebih jelasnya, bahan dan cara membuat brownies kukus dibawah ya.

Resep brownies kukus coklat
Resep brownies kukus coklat empuk

Bahan Resep Brownies Kukus Coklat Pertama :

  1. 5 telur ayam diambil kuning telurnya saja.
  2. 3 telur ayam diambil putihnya saja.
  3. 150 gr gula pasir.
  4. 1 sendok kecil emulsifier pengembang kue.

Bahan Resep Brownies Kukus Coklat Kedua :

  1. 80 gram tepung ketan baru.
  2. 30 gram coklat powder atau coklat bubuk.
  3. 0.5 sendok kecil baking powder.

Bahan Resep Brownies Kukus Coklat Ketiga :

  1. 90 gram margarin baru.
  2. 75 gram coklat batangan atau dark cooking chocolate (margarin dan coklat dicairkan atau dilelehkan dahulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya).

Bahan Untuk Taburan Kuenya : Meses tau butiran coklat

Cara membuat brownies kukus coklat tepung ketan

Pertama siapkan loyang yang akan digunakan kemudian alasi kertas roti dan olesi margarin bawahnya.
Nyalakan kompor dan panaskan dandang kukusannya.
Ambil wadah dan tuang bahan pertama dan kocok sampai mengembang dan kental adonannya.
Ambil wadah dan campur semua bahan brownies kukus yang kedua dan aduk-rata.
Kemudian tuang bahan kedua sambil diayak diatas saringan kedalam adonan pertama selanjutnya aduk sampai rata.
Ambil wadah lagi dan tuang lalu campur semua bahan brownies kukus yang ketiga dan aduk-rata.
Masukkan bahan ketiga kedalam adonan utama kemudian aduk sampai rata.
Tuang setengah dari adonan brownies kukus coklatnya ke dalam loyang.
Kemudian masukkan kedalam dandang yang sudah mendidih dan kukus dengan api sedang selama 10 menit. Jangan lupa ditutup dandangnya dan diberi serbet kain supaya air uapnya tidak menetes kedalam loyang.
Selanjutnya buka tutup dandangnya (hati-hati uap panasnya) kemudian ambil meses coklat dan taburkan diatas loyangnya. Loyang tidak perlu diangkat ya, biarkan didalam dandang.
Ambil sisa adonan brownies kukusnya kemudian masukkan sisa adonan di atas butiran coklat atau messesnya.
Selanjutnya tutup tutup dandangnya dan kukus kembali sampai matang atau kurang lebih selama 15-25 menit.

Setelah selesai dikukus ternyata resep kue brownies coklat nya jadinya agak bergelombang permukaannya ya. Memang enggak kelihatan di gambar diatas, soalnya sudah diiris supaya tampilan brownies coklat kukus tepung ketannya rapi. Tapi soal rasa tetap enak dan yummy bukan resep brownies kukus coklat dengan bahan tepung ketan diatas. Rencananya sih mau dikasih hiasan coklat yang dilelehkan diatas kuenya secara merata tapi kena penyakit malas akhirnya gak jadi deh. Untuk yang cari resep kue yang mudah dan sederhana lainnya, wajib mencoba Resep Lumpia Goreng Renyah.

About admin

Ibu rumah tangga dengan 2 orang anak yang masih kecil yang berusaha untuk menjadi yang terbaik buat keluarga. Selalu ingin mencoba menyajikan menu resep masakan tradisional ataupun modern untuk hidangan keluarga kecil kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *